Please select your page
  or   Create an account

Forgot your password? |  Forgot your username?

Pelaksanaan Assesmen KPKU Yodya Karya Tahun 2019

WhatsApp Image 2019-04-12 at 10.48.42

Pengukuran tingkat kinerja perusahaan melalui Assessment Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) kembali dilaksanakan, yang merupakan bagian dari Key Performance Index (KPI) Direksi serta bersifat wajib dari Kementerian BUMN selaku pemegang saham. Pelaksanaan assessment yang berlangsung dari tanggal 8-12 April 2019 ini merupakan pengukuran atas kinerja tahun 2018.

Pelaksanaan assessment KPKU yang dihadiri oleh Direktur Ir. Delta Hatmantari, para Senior Leader (Kepala Bagian) dan tim Champion Yodya Karya diawali opening meeting dan dibuka oleh Direktur Utama di Ruang Rapat Lantai 8, Senin (8/4/2019) bersama dengan Tim Assessor KPKU Yodya Karya.

PT. Yodya Karya (Persero) mengikutsertakan Tim Assessor internal yang telah bersertifikat sebagai assessor KPKU dari Forum Ekselen BUMN (FEB) untuk melakukan assessment di Yodya Karya sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Dalam sambutannya Direktur Utama Ir. C. Thomas Pangaribuan, MM menyampaikan bahwa Yodya Karya memiliki keunggulan perusahaan adalah memiliki Tenaga Ahli yang profesional, namun untuk memperoleh kinerja yang unggul, perlu peningkatan dalam aspek tata kelola perusahaan yang baik. ”Pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik sangat bergantung pada leadership pimpinan dalam memberikan teladan yang baik dan dapat menjadi panutan bagi karyawan”, jelasnya.

Dalam perkenalan dan paparannya Lead Assessor PT. Yodya Karya (Persero) Bpk. Wibowo Suharyanto menjelaskan kehadiran Tim Assessor KPKU Yodya Karya ini bukan untuk mengaudit, namun melakukan verifikasi dan klarifikasi di lapangan atas dokumen aplikasi implementasi di Yodya Karya. Tim assessor KPKU ini dapat berbagi pengetahuan, best practices yang dilakukan Yodya Karya lainnya sehingga menjadi benchmark bagi perusahaan sejenis lainnya.

Tujuan dari asesemen ini yakni memotret kinerja organisasi secara keseluruhan dari sisi proses sampai hasil serta mampu memberikan umpan balik untuk peningkatan organisasi, sehingga KPKU ini menjadi tools untuk peningkatakan kinerja perusahaan.

Terdapat 7 (tujuh) aspek yang dicermati dalam pelaksanan assessment KPKU yaitu aspek kepemimpinan, aspek perencanaan strategis, aspek fokus pelanggan, aspek pengukuran, analisa dan manajemen pengetahuan, aspek fokus tenaga kerja, aspek fokus pada operasi dan aspek-aspek hasil usaha.

Pelaksanaan KPKU ini dilaksanakan dengan cara pemeriksaan dokumen atas implementasi KPKU, wawancara Direksi, Senior Leader dan karyawan, serta kunjungan lapangan ke Proyek Bendungan Ciawi.