Please select your page
  • Slide Company Address
  • Slide
  • Slide
  • Slide

Simulasi dan Pelatihan Pemadam Kebakaran di PT. Yodya Karya

WhatsApp Image 2018-04-24 at 15.34.48

Untuk mewujudkan komitmen zero accident (meminimalisir kecelakaan kerja), PT. Yodya Karya (Persero) mempunyai program SMK3L (Sistem Manajemen Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan) salah satunya yaitu bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur mengadakan simulasi dan pelatihan pemadam kebakaran secara berkala yaitu 1 tahun sekali, yang pada tahun ini diselenggarakan pada tanggal 11 April 2018 di Kantor Pusat PT. Yodya Karya (Persero), Jl. D.I Panjaitan Kav.8, Cawang – Jakarta Timur.

Pelatihan ini di selenggarakan untuk memberikan pengetahuan dan keahlian tentang teknik-teknik pencegahan dan penanggulangan kebakaran di tempat atau di lingkungan kerja. Pelatihan ini diikuti baik oleh Direksi PT. Yodya Karya maupun seluruh karyawan tanpa kecuali.

Mengawali simulasi kebakaran tersebut, alarm tanda kebakaran dinyalakan, listrik dan lift Gedung Yodya Tower dimatikan. Kemudian karyawan diarahkan oleh floor worden dan tim tanggap darurat keluar melalui pintu darurat dengan segera tetapi tetap tenang dan waspada, dan mendahulukan ibu hamil dan lansia. Karyawan kemudian menuju titik kumpul yang sudah ditentukan. Di titik kumpul dilakukan pengecekan karyawan oleh floor worden sesuai tempat kerja masing - masing, dan floor worden melapor kepada tim tanggap darurat apakah karyawan sudah lengkap atau tidak. Apabila sudah lengkap maka akan ada pengarahan dari tim tanggap darurat dan juga petugas pemadam kebakaran. Karyawan juga diperkenalkan mengenai apa itu api, bagaimana timbulnya api serta bagaimana cara memadamkan api menggunakan alat tradisional (kain basah) ataupun menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Pelatihan ini diperlukan sebagai wawasan kepada karyawan mengenai hal yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran ditempat kerja.

Selain itu, diadakan juga Pelatihan First Aid (P3K) pada hari yang sama. Diharapkan adanya peningkatan pemahaman dalam melakukan tindakan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) sehingga tingkat kecelakaan kerja yang menyebabkan penderita mengalami penurunan kualitas kerja untuk sementara waktu ataupun terjadinya cacat permanen dapat dikurangi.

Silahkan baca Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 48 Tahun 2016 Tentang Standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja Perkantoran di :

https://drive.google.com/open?id=1jQDWat44hj4WXee48rILQs4WRgEA8xtY

Login Form

  or   Create an account

Forgot your password? |  Forgot your username?


Sistem Informasi


 

index annual https://hukum-sanggah.lkpp.go.id/uploads/berita/1428941281_thumb.jpg